Select Page

Domba merupakan hewan ternak yang memiliki banyak manfaat selain daging domba ternyata bulu domba juga memiliki banyak manfaat. Bulu domba tumbuh lebat di seluruh tubuh domba sehingga bulu domba perlu dicukur secara rutin. Bulu domba dikenal memiliki tekstur yang halus serta mampu menahan panas. Bulu domba yang paling halus dan tebal terdapat pada bagian bahu diantara puncak bahu dan dasar dada. Sedangkan bagian belakang sampai sekitar ekor merupakan bulu domba yang kasar. Bulu domba yang paling penden terdapat pada bagaian perut. Secara umum bulu domba dibagi menjadi tiga jenis yaitu wol halus, serat wol kasar, dan kamp. Penentuan kualitas wol sendiri dipengaruhi oleh tingkat kehalusan bulu, panjang bulu yang seragam, elastisitas, dan warna. Bulu domba yang telah dicukur akan diolah menjadi kain wol. Selain menjadi kain ternyata bulu domba juga bisa diolah menjadi berbagai macam hal antara lain:

  • Bulu Domba berguna untuk mengatasi ruam pada kulit.

Bulu domba dapat diolah menjadi senyawa bernama lanolin. Senyawa lanolin merupakan senyawa merupakan senyawa yang digunakan pada cream kulit tujuannya adalah untuk mengatasi alergi pada kulit.

  • Bahan pembuat pakaian

Pada negara beriklim dingin bulu domba dimanfaatkan sebagai bahan baku pakaian seperti selimut dan jaket. Hal ini dikarenakan bulu domba mampu menahan panas yang berasal dari dalam sekaligus menahan udara dingin dari luar sehingga memberikan kehangatan pada penggunanya. Bulu domba juga memiliki tekstur yang halus sehingga nyaman untuk digunakan.

  • Karpet

Bulu domba juga dapat dimanfaatkan sebagai karpet. Cara pembuatan karpet dari bulu domba pun cukup mudah bulu domba yang telah dicukur dicuci dan dibersihkan dengan disinfectant agar higienis kemudian bulu domba direndam dengan air sabun. Setelah dicuci bulu domba kemudian dijemur sampai kering. Bulu domba yang sudah kering dipilin mejadi benang agar bulu domba yang digunakan terlihat berserat diperlukan sisir khusus. Benang yang sudah dirangkai menjadi berbentuk karpet. Biasanya karpet dari bulu domba ini dibuat bermacam-macam bahkan menjadi lukisan untuk menaikkan harga jual karpet.

  • Alas kaki

Bulu domba juga dapat dijadikan sebagai sandal dan sepatu yang mampu melindungi kaki dari benda keras dan juga udara dingin. Sepatu dan sandal dari bulu domba ini berguna untuk menahan udara dari luar. Bulu domba sebagai alas kaki banyak dimanfaatkan di negara beriklim dingin seperti eropa.

Bulu domba juga memiliki sifat yang unik bulu domba memiliki tingkat pertukaran panas yang rendah sehingga tidak terpengaruh suhu dari luar. Kulit domba mampu menyerap kelembapan dua kali lebih besar daripada kapas sehingga memungkinkan bulu domba teteap kering walaupun keadaan lingkuangan lembap. Bulu domba mampu menyerap bau badan keringat hal ini dikarenakan dalam bulu domba terdapat anti bakteri yang mampu menolah partikel kotoran. Sifat unik dan kemudahan dalam mengolah bulu domba inilah yang membuat bulu domba banyak digunakan sebagai bahan baku.

Sumber :

https://fubityhunot.wordpress.com/2013/11/02/manfaat-kulit-domba/

https://manfaat.co.id/manfaat-bulu-domba

https://www.budidaya-petani.com/2013/01/beternak-domba.html