Saat sedang menikmati kuliner sate kambing, kebanyakan dari kita mengira apa yang sedang kita makan adalah sate yang benar-benar berbahan dasar daging kambing. Padahal penjual sate kambing sekarang ini sudah jarang sekali yang benar-benar menggunakan daging kambing sebagai bahan untuk masakannya. Sekarang para penjual sate memakai daging domba sebagai ganti daging kambing.

Alasan utama kenapa para penjual sate kambing memakai daging domba adalah karena daging domba tidak beraroma prengus, daging domba juga lebih empuk sehingga saat dimasak lebih mudah matang dan juga tidak alot saat digigit. Harga daging domba juga lebih murah dibanding daging kambing, meskipun para pedagang juga sering menyamakan harga daging domba dan daging kambing.

Mau tau perbedaan daging kambing dan daging domba lainnya? berikut adalah perbedaan dari keduanya.

Yang pertama adalah warna kedua daging tersebut memiliki perbedaan, daging kambing cenderung memiliki warna yang lebih gelap dibanding daging domba. Kedua, bau daging kambing lebih menyengat ketimbang daging domba dan sering tercium aroma prengus. Selain itu, kalori yang terdapat pada daging kambing lebih rendah dibandingkan daging domba, padahal kandungan lemak yang terdapat pada daging kambing lebih tinggi dan lebih keras daripada daging domba.

Daging kambing juga lebih lezat daripada daging domba karena kandungan berat dagingnya memiliki komposisi khusus yang membuat rasa gurihnya lebih dominan ketika dimasak, terutama jika dibakar. hal ini terjadi karena rasio protein lemak daging kambing cukup tinggi yaitu 1 : 8. akibatnya ketika dibakar rasa gurih protein akan ikut menyokong rasa gurih yang ditimbulkan oleh lemak.

Itu tadi sedikit informasi mengenai perbedaan daging kambing dan domba. Nah sekarang giliran Anda yang menilai, lebih enak mana antara daging kambing dan domba?