Idul Adha, jadi salah satu perayaan besar yang dirayakan umat islam. Indonesia sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama islam sudah tentu merayakan Idul Adha. Nah, di Indonesia biasanya salah satu hewan yang dikurbankan adalah kambing. Masyarakat tentu akan disuguhi berbagai jenis hidangan berbahan dasar kambing yang tentu saja melimpah saat hari pemotongan hewan kurban dilakukan.

Memang, kuliner berbahan dasar kambing telah menjadi favorit bagi warga Nusantara. Berbagai macam olahan daging kambing menjadi menu wajib pada hari raya Idul Adha. Saking beragamnya kuliner Nusantara yang berbahan daging kambing, ternyata tak hanya terbatas di sate, tonseng atau gulai dan sup saja. Ini dia beberapa hidangan berbahan dasar kambing dari beberapa daerah di Nusantara:

Kari Kambing dari Negeri Serambi Mekah

Provinsi yang memiliki julukan Negeri Serambi Mekah ini memiliki menu masakan yang selalu tersaji ketika datang Idul Adha. Adalah kari kambing, masakah dengan bahan utama daging kambing ini kaya akan cita rasa bumbu serta rempah yang mencerminkan masakan ini berasal dari aceh.

Cincang Kambing dari Sumatera Barat

Di Sumatera Barat cita rasa masakannya tidak jauh berbeda dengan provinsi tetangganya. Saat Idul Adha, masyarakatnya kerap membuat masakan berbahan dasar daging kambing dan masakan ini cukup terkenal yakni cincang kambing. Tentu saja bumbu dan rempah jadi salah satu ciri khas sajian di Sumatera barat. Perbedaannya ada pada penggunaan jumlah cabai, di Sumatera Barat mayoritas masakannya memiliki cita rasa pedas.

Rabeg dari Banten

Bergeser ke pulau Jawa, rabeg jadi masakan olahan kambing khas Banten yang cukup unik. Tidak terbuat dari daging kambing namun bagian jeroan atau isi perut dari kambing, membuat rabeg membutuhkan keahlian untuk mengolahnya. Jika salah dalam mengolahnya maka bukan rabeg lezat yang dihasilkan melainkan rabeg yang masih berbau perengus.

Kambing Bakar Balanga dari Gorontalo

Berbeda dengan kuliner kambing lainnya, di daerah Sulawesi masakannya sudah banyak berakulturasi dengan hidangan luar negeri seperti arab. Nah, masyarakat Gorontalo biasanya menyantap daging bakar balanga bersama nasi kebuli. Menariknya, hidangan ini disebut kambing bakar balanga karena proses membuatnya menggunakan balanga, yaitu wadah yang terbuat dari tanah liat ataupun besi.

Jadi, sudah tahu ‘kan hidangan kambing nusantara itu sangat kaya. Jangan takut saat mencoba memasak kambing. Coba explore banyak resep untuk menghadirkan sajian kambing yang istimewa di Idul Adha nanti.