Select Page

Sobat Angon, tentu tahu bahwa kesehatan hewan ternak menjadi faktor penting yang menentukan kenaikan bobot hewan ternak. Ternak yang sehat akan menunjukkan tingkat perkembangan dan pertumbuhan seperti yang diharapkan. Namun, dalam beternak banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan hewan ternak salah satunya penyakit. Penting bagi sobat angon untuk mengenal dan mengetahui jenis penyakit pada hewan ternak salah satunya pink eye.

Apa itu pink eye?

Pink eye adalah penyakit mata yang menyerang hewan ternak terutama sapi, kerbau, domba, dan kambing. Penyakit ini bersifat menular dan biasanya menyerang hewan ternak yang lebih muda. Pink eye menyerang bagian konjungtiva yaitu bagian terluar mata. Peradangan ini menyebabkan warna mata yang awalnya putih menjadi kemerahan. Hewan ternak yang terkena pink eye jika tidak ditangani akan mengalami kebutaan yang berakibat penurunan bobot ternak.

Penyebab terjadinya pink eye.

Penyebab utama dari pink eye adalah bakteri dengan nama moraxella bovis pada sapi dan rickettsia colesiota pada kambing dan domba. Penyakit ini lebih sering menyerang hewan ternak pada musim kemarau. Cara penularan pink eye dapat melalui kontak langsung antar hewan ternak. lalat juga menjadi perantara penyebaran piNk eye pada hewan ternak. penyakit ini bersifat epidemic artinya dapat menjangkit kembali di tempat yang sama.

Gejala pink eye.

Sobat angon dapat melihat gejala dari pink eye secara visual yaitu mata yang berair, bagian warna yang awalnya putih berubah menjadi kemerahan, hewan ternak akan menjulingkan matanya untuk menghindari sengatan matahari, bengkaK pada bagian kelopak mata, dan tanda yang paling jelas adalah kornea mata menjadi keruh.

Penanganan dan pencegahan pink eye.

Hewan ternak yang terkena pink eye akan di tempatkan pada kandang yang teduh untuk menghindari kontak dengan cahaya matahari dan menempelkan kain di bagian mata. Selanjutnya hewan ternak akan diberi antibiotik seperti tetracyclin atau tylosin untuk menghilangkan penyakit. Peternak juga biasanya menggunakan saleb mata untuk mempercapat proses penyembuhan. Selanjutnya langkan pencegahan yang dilakukan cukum simple yaitu dengan melakukan karantina pada hewan ternak yang terkena pink eye dan menjaga kebersihan kandang terutama dari genangan air.

Penanganan yang tepat dan menjaga kebersihan lingkungan menjadi kunci untuk mencegah terjadinya pink eye pada hewan ternak. Sentra Peternak Rakyat yang ada di Angon sangat mempehatikan higienitas dan sanitasi kandang. Sehingga semua hewan ternak yang ada di Angon lebih terjaga baik kebersihan maupun kesehatannya.