Select Page

Hai Sobat Angon,

Dalam rangka Hari Angkutan Nasional Angon akan membahas mengenai kapal angkut ternak di Indonesia. Sebagai negara kepulauan Indonesia sangat membutuhkan Transportasi laut agar terjadi distribusi ternak secara merata. Namun, pengiriman hewan ternak selama ini menggunakan kapal kayu atau kargo tampa memperhatikan kesehatan hewan ternak dan mengakibatkan penyusutan bobot yang sangat banyak. Untuk itu diperlukan kapal angkut khusus untuk hewan ternak. Dilansir dari Kontan Pemerintah saat ini sudah memiliki kapal angkut ternak yang mempermudah pengangkutan ternak antar daerah. Ketersediaan Kapal angkut ternak ini  mampu mengoptimalkan ketersediaan pasokan sapi sehingga terjadi distribusi hewan ternak dari daerah surplus menuju daerah yang membutuhkan pasokan daging. KM Camara Ternak 1 dan KM Camara Ternak 3 adalah kapal angkutan ternak yang baru dioperasikan. KM Camara Nusantara 1 akan dioperasikan dengan dengan kode trayek RT-1 rute Kupang – Waingapu – Tanjung Priok – Cirebon – Kupang. Sedangkan KM Camara Nusantara 3 dengan kode trayek RT-2 melayani rute Kupang – Tanjung Priok – Cirebon – Kupang – Cirebon – Bengkulu – Cirebon – Kupang. Kapal angkut ternak ini juga sudah sudah memenuhi kaidah animal welfare.

Apa itu Animal welfare dan apa kelebihan menggunakan kaidah Animal welfare? Animal welfare adalah standar kesejahteraan bagi hewan. Kapal angkut ternak selama pelayaran akan memperhatikan lingkungan kandang, makanan dan minuman yang diberikan, sirkulasi udara, dan sistem pembuangan sehingga selama perjalanan kondisi kesehatan dan bobot hidup hewan ternak terjaga sampai pelabuhan. Sobat Angon pun menjadi tidak perlu khawatir apabila ingin mengirim ternak menggunakan kapal angkut ternak karena hewan ternak akan mendapat perlakukan dan penanganan yang hampir sama seperti di Sentra Peternak Rakyat (SPR).

Nah, dengan adanya kapal angkut ternak ke depan proses distribusi ternak melalui jalur laut menjadi lebih capat. Kapal angkut ternak ini juga sudah menerapkan Animal Welfare sehingga sobat Angon tidak perlu khawatir akan terjadinya penyusutan bobot.