Select Page

Domba adalah salah satu hewan ternak yang ada di Angon terdapat tiga jenis domba yang diternakkan oleh Angon yaitu domba merino, domba garut, dan domba gembel. Secara umum, domba memiliki ciri khusus yaitu rambut tebal di seluruh bagian tubuhnya. Namun, apakah sobat Angon tahu kalau ternyata domba memiliki fakta unik yang jarang diketahui secara umum. Berikut akan kita bahas fakta-fakta unik seputar domba.

Domba adalah pengingat yang baik.

Domba memiliki ingatan yang cukup baik bahkan domba mampu mengingat sebanyak 50 orang dalam satu tahun. pola mengingat yang dilakukan domba hampir sama dengan pola mengingat yang dilakukan manusia.

Induk domba dapat membedakan anaknya dengan domba yang lain.

Sepintas kita akan melihat bahwa secara umum domba memiliki bentuk yang sama. Namun, berbeda dengan Induk domba yang mampu mengenali anaknya dengan anak yang domba lain bahkan dari jarak yang jauh.  

Domba menunjukkan ekspresi melalui gerakan telinga.

Telinga domba akan bergerak sesuai dengan kebutuhan atau keinginan yang dirasakan. Peternak mampu mengenal dan membedakan keadaan masing-masing domba dengan melihat pada gerakan telinga ini.

Domba dapat menyembuhkan diri jika sakit

Domba termasuk jenis hewan yang mandiri. Ketika sakit domba akan mencari dan memakan tumbuhan yang bisa menyembuhkan penyakitnya. Dengan cara ini domba dapat bertahan hidup lebih lama.

Setiap kawanan domba memiliki pimpinan.

Biasanya dalam sebuah kawanan domba terdapat domba yang memimpin kawanan tersebut. Domba akan selalu mengikuti pimpinannya sehingga lebih mudah bagi peternak untuk mengatur domba lainnya jika mengetahui pimpinan dalam kawanan domba tersebut. Cara untuk mengenali pimpinan domba cukup unik yaitu dengan melihat siapa yang keluar lebih dulu ketika pintu kandang terbuka.

Daging domba berwarna merah

Hal ini dikarenakan dalam daging domba mengandung banyak zat besi dan protein.

Plasenta domba dapat digunukan untuk perawatan kecantikkan.

Plasenta domba ternyata dapat digunakan sebagai bahan perawatan tubuh seperti menghaluskan kulit dan mengencangkan kulit. Hal ini disebabkan plasenta domba memiliki khasiat peremajaan kulit dan mencegah kulit menjadi keriput.

Domba liar memiliki postur yang lebih tinggi.

Domba liar adalah domba yang hidup di padang rumput seperti sabana dan mencari makanan sendiri. Domba liar biasanya memiliki poostur badan yang lebih tinggi daripada domba yang diternakkan yaitu mencapai 1,2 meter.

Sekian, fakta-fakta unik seputar domba. Secara umum, domba merupkan hewan yang mudah untuk diternakkan serta memiliki banyak manfaat mulai dari bulu hingga dagingnya.

 

Sumber : https://www.kopi-ireng.com/2016/03/10-fakta-dan-informasi-tentang-domba.html

http://bobo.grid.id/Sains/Flora-Dan-Fauna/6-Fakta-Unik-Domba-Selain-Diperah-Susunya